Minggu, 25 Mei 2014

Tips Memilih Mainan Untuk Anak 0-5 Tahun

Hallo Ayah Ibu,,

kali ini "Toko Turbo" ingin berbagi Tips dari majalah AyahBunda. Ini mungkin akan bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi kalian untuk memilihkan jenis mainan untuk anak-anak tercinta


Tips Memilih Mainan Untuk Anak 0-5 Tahun

Seperti makanan atau pakaian, mainan pun harus dipilih. Pilihkan anak mainan yang tak hanya menghibur, tapi juga membantunya berimajinasi, memecahkan masalah, dan membantu perkembangan motoriknya. 

0-12 BULAN. Sebelum bayi mampu meraih benda-benda, ia senang memandangi mainan yang dapat berbunyi. Penglihatan bayi  masih sebatas 28 cm, maka gambar dengan warna cerah dan kontras akan menarik perhatiannya. Dia juga senang mendengar suara-suara dan musik yang berirama pelan, misalnya bunyi musik dari kotak musik. Di usia 6 - 11 bulan perkembangan motoriknya semakin nyata. Ia sudah dapat duduk, merangkak, merambat dan mulai melangkah. Bila diberi satu benda sementara tangannya masih memegang benda lain, maka benda yang ia pegang akan dilepaskan dan ia akan meraih benda yang baru itu. Mainan yang cocok untuknya adalah mainan bertekstur dan berbunyi, permukaan mainan tidak rata, dan yang penting non-toksik. Karena ia berada pada fase oral, ia akan memasukkan apa saja ke mulutnya untuk mengenali dunia sekitarnya.
Jenis mainan:
• Boneka yang berbunyi.
• Buku kain ‘Counting Book’ dari Fisher Price.

1 TAHUN. Tonggak perkembangan paling nyata adalah balita sudah mampu berjalan tanpa bantuan. Dia tak bosan bereksplorasi ke seluruh penjuru ruangan. Jago melangkah maju, tapi berjalan mundur tanpa berpegangan masih oleng. Si 1 tahun juga sudah dapat menarik mainan atau mengangkat mainan sambil berjalan. Masing-masing tangan bisa memegang benda serta mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan satu lagi. Hobi barunya sekarang adalah melempar, memasukkan benda ke dalam kotak dan mengeluarkannya lagi. Maka kini ia mulai belajar menyusun balok, main dorong dan tarik benda, serta senang dengan mainan yang dapat bergerak dan  berbunyi.
Jenis mainan: 
• Menyusun balok.

2 TAHUN. Ini dia masa penuh enerji! Ia tak kenal lelah dan selalu sibuk. Lancar berlari, memanjat kursi, melangkah mundur tanpa ragu, melangkah ke samping dan melompat setinggi 5 cm. Sebentar lagi dia bisa berjalan berjinjit, berdiri dengan satu kaki untuk beberapa saat dan kakinya sudah mampu menendang bola. Di sisi lain, kosa katanya makin banyak dengan pengucapan yang jelas mendorongnya ikut-ikutan menyanyi. Sementara kemampuan grafomotornya mulai berkembang ditandai dengan senang mencoret-coret. Balok hasil susunannya bertambah tinggi, dan sudah bisa membolak balik halaman buku. Jenis mainan:
• Bola.
• Buku audio, yang dapat mengeluarkan suara, Storybook Rhymes dari Fisher Price Storybook.

3 TAHUN. Tiga tahun adalah usia anak senang mengamati dan meniru. Mereka sudah lancar bicara dengan kalimat panjang dan dapat mengekspresikan emosinya. Itu sebabnya si 3 tahun senang meniru aktivitas Anda. Sedangkan   kemampuan motoriknya, umumnya sudah lincah berlari, memanjat, melompat dan berputar-putar.
Jenis permainan:
• Permainan lempar-tangkap bola.

4 TAHUN. Cara berpikir mereka sudah bersifat strategis. Mainan-mainan yang bertema seperti dinosaurus, kitchen set, permainan bajak laut, boneka dengan aksesori, semua permainan pura-pura yang membuat mereka dapat berimajinasi dan mengatur strategi. Misalnya imajinasi menata ruang. Di mana meletakkan meja, kursi dan sebagainya.
Jenis permainan:
•  Feltopia (Felt Story Board), papan dari kain felt sehingga ia dapat membuat cerita sendiri.

5 TAHUN. Kini ia gandrung dengan angka dan jumlah. Jemari tangan dan kakinya dihitung juga jumlah benda-benda yang ia temui. Ia pun mampu mengemukakan alasan dan konsekuensi dari sesuatu yang dikerjakan. Perkembangan motorik pada usia ini menjadi lebih halus dan lebih terkoordinasi. Ia sudah terampil berlari dan melompat dan mampu menjaga keseimbangan badannya. Sedangkan kemampuan motorik halusnya berupa mampu mengikat tali sepatu dan menggambar bentuk-bentuk benda sederhana. Selain itu, perkembangan yang paling terlihat adalah senang ngobrol dengan orang dewasa dan dengan teman, serta mulai membentuk peer group atas dasar punya minat yang sama.
Jenis permainan:
• Permainan papan seperti monopoli.
• Jam mainan dari kayu untuk belajar mengenali waktu (My First Clock).
Sumber:http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Balita/Tips/memilih.mainan.sesuai.usia/001/005/608/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar